Kang Veri Blog: Gunung Semeru Masih Tertutup untuk Pendakian

Monday, March 12, 2007

Gunung Semeru Masih Tertutup untuk Pendakian


MALANG, SENIN - Kondisi cuaca yang masih memburuk berupa hujan deras dan angin kencang membuat Gunung Semeru masih tertutup untuk aktivitas pendakian hingga batas waktu tak terhingga. "Akhir Maret atau awal April mendatang, kami masih akan melakukan evaluasi apakah Gunung Semeru ini bisa dibuka untuk kegiatan pendakian dan wisata umum atau tidak," kata Kepala Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BTNBTS) Joko S di Malang, Senin (12/3).

Menurut dia, penutupan Gunung Semeru tersebut, selain disebabkan kondisi cuaca masih belum memungkinkan, juga karena masih dalam proses pemulihan ekosistem kawasan itu. Sementara aktivitas gunung tetap stabil dan masih dalam status waspada, namun tidak membahayakan bagi masyarakat sekitarnya sehingga tidak ada instruksi agar warga sekitar mengamankan diri.

Secara visual, katanya, setiap 10 menit, kawah Semeru tetap mengeluarkan asap tebal dan kondisi itu sudah menjadi rutinitas gunung tertinggi di Jawa tersebut. Ia mengakui, sejak ditutup mulai 8 Januari 2007 lalu, tidak sedikit para pendaki yang menanyakan dan minta agar Gunung Semeru dibuka kembali untuk aktivitas pendakian. Tetapi karena kondisi cuaca yang tidak "bersahabat", maka penutupan tetap dilakukan, sekalipun banyak yang mengajukan agar Gunung Semeru dibuka kembali untuk kegiatan wisata dan pendakian.

Meskipun, Gunung Semeru masih dinyatakan tertutup untuk kegiatan wisata dan pendakian, maka Gunung Bromo tetap dibuka untuk kegiatan wisata, meskipun secara visual mengeluarkan asap putih setinggi 70 meter setiap 10 menit. "Kondisi itu masih normal dan tidak membahayakan bagi wisatawan, kecuali jika ada peningkatan aktivitas dan visual gunung ada peningkatan seperti mengeluarkan lava pijar dan letusan, maka mau tidak mau juga harus ditutup untuk kegiatan wisata," ujarnya.


Sumber: Antara




No comments: