Kang Veri Blog: KA Dwipangga Anjlok, Tiga Gerbong Ditinggal

Tuesday, April 03, 2007

KA Dwipangga Anjlok, Tiga Gerbong Ditinggal



Laporan Wartawan Kompas Josie Susilo Hardianto


KARANGSARI, KOMPAS - Rangkaian kereta api eksekutif Argo Dwipangga jurusan Yogyakarta-Jakarta, Selasa dini hari anjlok di kawasan Karang Gandul, Purwokerto, Jawa Tengah. "Hanya satu as yang anjlok, di gerbong belakang," kata seorang petugas PT. Kereta Api Bambang S yang ditemui di Stasiun Karangsari, Purwokerto.


Akibat kecelakaan itu beberapa rangkaian kereta api lain seperti Argo Lawu jurusan Solobalapan tertahan di Karangsari dan rangkaian jurusan Jakarta seperti Bima tertahan di Stasiun Purwokerto. Menurut keterangan Bambang S, sebenarnya tidak diperlukan waktu lama untuk mengangkat kembali roda yang anjlok. "Namun karena dini hari, membutuhkan waktu lama untuk mengumpulkan personil," tutur Bambang.

Kawasan di mana rangkaian Argo Dwipangga anjlok adalah kawasan rawan kecelakaan. Menurut keterangan beberapa petugas di stasiun Karangsari selain terdapat banyak tikungan, tanah di sekitar jalur tersebut agak labil. Beberapa kali berbagai rangkaian kereta api anjlok di jalur tersebut.

Tiga Gerbong Ditinggal
Menyusul insiden anjlok ini, tiga buah rangkaian gerbong dari delapan gerbong Argo Dwipangga terpaksa ditinggal di tempat kejadian. Dua gerbong terpaksa ikut ditinggal untuk menahan gerbong yang anjlok agar tidak jatuh ke bawah.

Menurut keterangan beberapa penumpang Argo Dwipangga yang ditemui di Stasiun Karangsari, Purwokerto, gerbong yang anjlok berada tepat di mulut jembatan Lengseng, Karanggandul. Para penumpang yang sebelumnya berada di ketiga gerbong itu kemudian di pindah ke gerbong lainnya dan melanjutkan perjalanan ke Jakarta.




No comments: